KONFERENSI INTERNASIONAL KEBUDAYAAN DAERAH DAN PENYERAHAN HADIAH “RANCAGE” TAHUN 2010

Kerjasama 
Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah
Ikadbudi (Ikatan Dosen Budaya Daerah Indonesia)
Yayasan Rancage

Keadasaran kaarifan lokal dengan segenap keilmuannya mulai bangkit secara global. Kebangkitan kearifan lokal secara global untuk dapat mengimbingani perkembangan dunia yang semakin kompleks. Perkembangan ipteks perlu diimbangai eksplorasi dan revitalisasi kearifan lokal. Dengan demikian dapat terjadi keseimbangan antara jagad global dan jagad lokal. Keseimbangan ini diharapkan dapat menciptakan ketenteraman, kedamaian, dan kesejahteraan dengan rasa aman dan nyaman manusia dalam menjalani kehidupan secara personal, sosial, dan professional.

Itulah sebagian alasan Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FBS UNY akan menyelenggarakan konferensi internasional kebudayaan daerah. Selain itu acara juga akan dipadukan dengan penyerahan hadiah sastra “RANCAGE” dan Musyawarah Nasional Ikadbudi pada hari Sabtu, 29 Mei 2010 di Auditorium UNY mulai pukul 07.30. Konferensi akan meriahkan oleh entertainment kolaboratif mahasiswa. Pada malam hari peserta dapat menikmati sajian wayang kulit semalam suntuk dalam rangka Dies Natalis UNY ke-46. Sehari menjelang konferensi (tanggal 28 Mei 2009) akan diselenggarakan musyawarah Ikadbudi (Ikatan Dosen Budaya Daerah Indonesia) di UNY Hotel. 
Tema konferensi internasional adalah “Membaca kembali, menafsirkan, dan mengkreasikan makna serta memanfaatkan kearifan lokal dalam rangka pembangunan karakter bangsa” . Tema konferensi internasional dijabarkan menjadi beberapa subtema sebagai berikut. Pemaknaan kearifan lokal untuk memantapkan jati diri universitas berkelas dunia (world class university), (2) Revitalisasi kearifan lokal sebagai basis kearifan dalam praktik kehidupan berbangsa dan bernegara, (3) Revitalisasi kearifan dalam praktik berpolitik yang santun, arif, dan bijaksana, (4) Multikultural kearifan lokal sebagai ikon atau jati diri bangsa Indonesia, (5) Revitalisasi kearifan lokal sebagai langkah preventif terjadinya konflik, (6) Pemahaman dan pemanfaatan kembali nilai kearifan lokal dalam karya budaya daerah tradisional, modern, dan kontemporer untuk membangun wisata budaya bertaraf internasional.
Sebagai keynote speaker adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X (Raja Kasultananan Ngayogyakarta Hadiningrat), Prof. Dr. Din Cho Ming dan Prof. Dr. Rahim Aman dari Malaysia, Ibrahim (dari Gambia, Afrika) dan Cyril Bernard Rahman (dari Solomon), Prof. Dr. Gunawan Sumodiningrat (Budayawan, staf ahli Menteri Sosial, Dosen UGM), dan Prof. Dr. Ajib Rosyidi (Budayawan, Ketua Yayasan Rancage).

Panitia konferensi juga menerima makalah sumbangan dari peserta dengan bidang seni, bahasa, sastra, busana, bangunan/artefak, kearifan lokal, batik, budaya, permainan tardisional, upacara tradisional, dan kuliner nusantara. Pengiriman makalah lengkap ke Panitia Konferensi Kebudayaan Daerah Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FBS UNY, 55281, (3) email:suwardi_endraswara@yahoo.com, ikadbudi_ina@yahoo.com, purwoko_joko@yahoo.com paling lambat 25 April 2010. Makalah ditulis dengan abstrak bahasa Inggris dan uraian dengan menggunakan bahasa Inggris, atau bahasa Indonesia, atau bahasa daerah. Jumlah halaman antara 10 -15 halaman kuarto 1.5 spasi dengan font time new roman 12. Pengumuman hasil seleksi akan diberitahukan selambat-lambatnya tanggal 10 Mei 2010 melalui email. Panitia tidak menyediakan honorarium bagi pemakalah yang lolos seleksi, tetapi membebaskan dari kontribusi.

Peserta konferensi internasional dikenakan kontribusi Rp 150.000,00 untuk dosen dan umum, Rp 125.000,00 untuk guru, dan Rp 100.000,00 untuk mahasiswa dengan fasilitas tempat seminar nyaman ber-AC, seminar kit, konsumsi, sertifikat, dan sajian entertainment. Pendaftaran melalui email, telephon, atau secara langsung. Pembayaran dapat secara langsung ke panitia atau melalui rekening Bank BNI Kantor Cabang UGM Yogyakarta No. Rekening: 0039155177 atas nama Hesti Mulyani. Bagi yang mendaftar dan membayar melalui rekening Bank diharap segera mengirimkan foto kopy bukti rekening atau mengirimkan melalui faximile ke sekreratiat paling lambat tanggal 24 Mei 2010. Pendaftaran akan ditutup jika peserta telah mencapai 400 orang atau paling lambat tanggal 24 Mei 2010. Panitia tidak menerima pendaftaran pada hari H (pelaksanaan konferensi).

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Konferensi Internasional Budaya Daerah, Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FBS Universitas Negeri 55281, Tlp. (0274) 550843 psw 12 Fax (0274) 548207. Contact person Suwardi Endraswara, M.Hum. Hp. 081 5680 5293 dan Hesti Mulyani, M.Hum Hp 081 6426 7496. Joko Purwoko, S.T Hp 081 2274 8820. Panitia juga menyiapkan informasi hotel dari harga Rp 60.000,00 – Rp 660.000,00/hari.